Damien Hirst Seniman Terkaya dengan Karya Termahal yang Kontroversial


Damien Steven Hirst  adalah seorang seniman, pengusaha, dan kolektor seni Inggris. Ia dikenal sebagai anggota paling menonjol dalam Young British Artists, komunitas yang mendominasi dunia seni di Inggris selama tahun 1990-an. Karya-karya Hirst sangat populer di kalangan internasional. Ia tercatat sebagai seniman hidup terkaya di Inggris Raya, dengan kekayaan senilai £ 215 juta dalam Daftar Rich Times Sunday 2010. Selama tahun 1990-an, kariernya berhubungan erat dengan kolektor Charles Saatchi, tetapi hubungan mereka berakhir pada tahun 2003 karena terjadi perselisihan.

Kematian adalah tema sentral dalam karya Hirst.  Ia menjadi terkenal karena serangkaian karya seni berupa binatang yang sudah mati seperti hiu, domba, dan. sapi. Binatang tersebut dipajang dalam larutan formaldehida. Karyanya yang paling terkenal yaitu The Physical Impossibility of Death in the Mind of Someone Living, berupa hiu harimau setinggi 14 kaki (4,3 meter) yang direndam formaldehida dalam kotak pajangan transparan. Ia juga membuat "lukisan spin" yang dibuat di atas permukaan bundar yang berputar, dan "lukisan spot" yaitu barisan lingkaran berwarna acak yang diciptakan oleh asistennya.

Pada bulan September 2008, ia mengambil langkah yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh seniman yang masih hidup, yaitu menjual pertunjukan lengkap. Ia menawarkan Beautiful Inside My Head Forever di Sotheby's melalui pelelangan dan galeri lamanya. Lelang tersebut melampaui semua prediksi, menghasilkan £ 111 juta ($ 198 juta), memecahkan rekor lelang serta catatan Hirst sendiri dengan £ 10.300.000 untuk The Golden Calf, seekor binatang dengan tanduk dan kuku dari emas 18 karat yang diawetkan dalam formaldehida. 

Dengan karya-karyanya yang kontroversial dan kadang mengerikan, Hirst menjadi salah satu seniman terkenal di Inggris. Ia memenangkan Turner Prize yang bergengsi pada tahun 1995. Selain karya-karya dalam kotak pajangan transparannya, Hirst telah membuat lukisan dan patung. Ia mengeksplorasi minatnya dalam farmakologi dengan kanvas dan menghasilkan Controlled Substances Key Painting (1994). Karya itu adalah bagian dari seri yang dikenal sebagai lukisan spot, tetapi Hirst hanya melukis beberapa.


Hirst terus mendorong batas-batas seni. Pada tahun 2007, ia meluncurkan For the Love of God, sebuah tengkorak berkilauan dan bertatahkan berlian yang terbuat dari platinum. Banyak kritikus kurang terkesan dengan "perayaan melawan kematian" ini, sebagaimana dijelaskan oleh Hirst. Yang lain kagum dengan harga jual yang diperkirakan sebesar $ 100 juta.

Selain menjadi visioner yang kreatif, Hirst telah terbukti sebagai pebisnis yang cerdas. Ia telah mengungguli ketenarannya sendiri dan mendominasi dunia seni, menjadi salah satu seniman hidup terkaya saat ini. Sejumlah orang membandingkannya dengan Jasper Johns dan Jeff Koons dalam kemampuannya untuk mematok harga yang sangat tinggi untuk karyanya. Harga tersebut setimpal dengan kualitas yang disuguhkan.

Lukisan oleh Seruni Bodjawati. Judul: Memento Mori. Ukuran: 150 x 150 cm. Media: Cat akrilik pada kanvas. Tahun: 2015.

If you would like to schedule a studio visit to see the artwork in person, commission, inquiries or buy this original painting directly from the artist, please contact +6285602897020 (WhatsApp) or send an e-mail to serunibodjawati@gmail.com 

Free Shipping Worldwide

Popular Posts