Perempuan Pembangun Bangsa di Bidang Gender dan Kemanusiaan: Saparinah Sadli


Saparinah Sadli adalah akademisi, motivator, mediator, penggerak masyarakat, sekaligus pejuang HAM khususnya bagi perempuan.

Saparinah Sadli memulai karir di bidang akademik di Fakultas Psikologi, tempat beliau meraih gelar Doktor. Setelah berkiprah sampai jabatan tertinggi di fakultas, pada tahun 1990 ia mendirikan dan memimpin Program Studi Kajian Wanita, Sebuah Program Pascasarjana Universitas Indonesia selama 10 tahun.

Pada tahun 1997 sampai 2002, ia menjadi Wakil Ketua Komisi Nasional Hak-Hak Asasi Manusia. Komitmennya pada perjuangan perempuan untuk terbebas dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi ditunjukkan Saparinah saat merintis bersama-sama dengan gerakan perempuan dan menjadi Ketua pertama Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan, 1998-2004), Mendirikan Pusat Studi Kajian Wanita Universitas Indonesia (UI), Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (1996-2000). Saparinah juga terpilih dalam Tim Gabungan Pencari  Fakta (TGPF) kasus kerusuhan 13-15 Mei 1998, di mana kekerasan seksual menjadi bagian integral (23 Juli-23 Oktober 1998).

Ia adalah tokoh kunci yang menggerakan anggota masyarakat untuk menuntut negara menuntaskan penyelidikan mengenai kekerasan seksual yang terjadi dalam tragedi kerusuhan Mei 1998. Tuntutan kelompok masyarakat ini berhasil mendorong Presiden saat itu, BJ Habibie, untuk mengeluarkan Keputusan Presiden menetapkan didirikannya Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan, atau ringkasnya disebut sebagai "Komnas Perempuan." Saparinah kemudian mempimpin Komnas Perempuan sejak berdirinya pada Oktober 1998 hingga dimulainya Anugerah ini pada tahun 2002. Setelah itu, selama beberapa tahun, ia masih terlibat sebagai Past President.

Kini, di usianya yang lebih 90 tahun, Saparinah masih aktif di Kajian Wanita UI, di Yayasan Kesehatan Perempuan serta di Dewan Guru Besar Universitas Indonesia.

Source text: saparinahsadli.org
Lukisan oleh Seruni Bodjawati. Judul: Spirit Sang Pejuang Gender. Ukuran: 120 x 100 cm. Media: Cat akrilik pada kanvas. Tahun: 2018.

If you would like to schedule a studio visit to see the artwork in person, commission, inquiries or buy this original painting directly from the artist, please contact +6285602897020 (WhatsApp) or send an e-mail to serunibodjawati@gmail.com 

Free Shipping Worldwide

Popular Posts