Pahlawan Pers Indonesia yang Terlupakan Sejarah - Melahirkan di Penjara, Hidup Melarat, Disiksa Belanda TIDAK PERNAH MENYERAH: S.K. Trimurti


Soerastri Karma Trimurti atau S.K. Trimurti, adalah salah satu pahlawan wanita yang memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia dengan gigih melawan penjajah. 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Lahir di Boyolali, wanita yang memakai kebaya di samping ibu Fatmawati pada foto pengibaran bendera pertama Indonesia ini bergabung menjadi pejuang setelah mendengar pidato menggelegar dari Bung Karno.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Trimurti sempat mengajar dan menjadi anggota Nasionalis Partindo di tahun 1933. Ia menjadi pejuang militan, hingga akhirnya dipenjarakan Belanda 3 tahun kemudian karena menyebarkan pamflet anti penjajah. Istri Sayuti Melik ini bahkan melahirkan salah seorang putranya di dalam lorong penjara. Ia kemudian beralih karir ke dunia jurnalisme setelah bebas dari penjara.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Peraih bintang Mahaputra Tingkat V dari Presiden Soekarno ini mengabdikan hidupnya demi kesejahteraan bangsa Indonesia. Berjuang melawan penjajah, hingga menyuarakan hak kaum wanita dan buruh di Indonesia lewat tulisannya. Tak heran jika sepak terjang pahlawan kemerdekaan ini begitu melegenda dalam dunia jurnalisme Indonesia. 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
S.K. Trimurti menjadi satu perempuan yang perlu dicontoh karena memiliki semangat dan nyali besar untuk menyambut perubahan yang lebih baik.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
*Source text: bombastis.com
*Lukisan oleh Seruni Bodjawati. Judul: Kisah Sang Jurnalis Sejati (S.K. Trimurti). Media: Akrilik pada kanvas. Ukuran: 130 x 100 cm. Tahun 2018.
www.serunibodjawati.com

If you would like to buy this original painting directly from the artistschedule a studio visit to see the artwork in person, order commission or any business inquiries, please contact +6285602897020 (WhatsApp) or send an e-mail to serunibodjawati@gmail.com 

Free Shipping Worldwide

Popular Posts