Ibu di Balik Sejarah Agung Nusantara: Gayatri Rajapatni


Gayatri adalah putri bungsu dari Krtanegara, Raja Singhasari. Setelah serbuan kerajaan Kediri mengakibatkan orang tuanya meninggal, Gayatri bertekad membangun kembali kerajaan yang luluh lantak.
ㅤㅤ
Bersama Raden Wijaya, Gayatri menyusun strategi untuk membangun sebuah tatanan pemerintahan di atas sisa kejayaan kerajaan Singhasari.
ㅤㅤ
Putri yang digambarkan sebagai sosok Prajnaparamita/Dewi Kebijaksanaan Tertinggi ini berhasil melahirkan pemimpin, bukan saja yang lahir dari rahimnya, tapi juga dari kebijaksanaan dan akal budi yang terasah.
ㅤㅤ
Gayatri dengan kearifannya lebih memilih menjadi “ibu suri” dan memastikan kerajaan Majapahit dijalankan oleh orang-orang yang tepat. Ia berhasil menjadikan Gadjah Mada yang seorang rakyat biasa menjadi Mahapatih.
ㅤㅤ
Ia tidak hanya menuruti kehendak egonya semata untuk menjadi pemimpin, tetapi ia memikirkan masa depan kerajaan Majapahit.
ㅤㅤ
Gayatri dengan lelaku hidupnya sungguh telah memberikan inspirasi nyata bagi perempuan bahkan di masa kini. 
ㅤㅤ
*****
Lukisan oleh Seruni Bodjawati. "Gayatri Ibu Suri". Acrylic on canvas. 150 x 150 cm. 2020. Available.
ㅤㅤ
Teks: unair.ac.id

If you would like to buy this original painting directly from the artistschedule a studio visit to see the artwork in person, order commission or any business inquiries, please contact +6285602897020 (WhatsApp), send an e-mail to serunibodjawati@gmail.com, or send Direct Message on Instagram @seruni_bodjawati

Worldwide Shipping 

Popular Posts