Kisah Inspiratif tentang Sejarah Penemuan Teh dari Negeri Cina


Kata teh berasal dari bahasa Cina yaitu Te. Menurut sejarah, teh diperkirakan ditemukan oleh seorang Kaisar Kekaisaran Cina bernama Shen Nung yang hidup sekitar tahun 2737 sebelum Masehi.

Kaisar Shen Nung tidak hanya dikenal sebagai seorang kaisar, tetapi juga penyembuh.

Cerita penemuan teh oleh Kaisar sendiri berawal dari ketidaksengajaan.

Suatu hari Kaisar Shen Nung sedang memasak air dalam kuali di kebun istana. Secara tidak disengaja selembar daun teh dari kebun Kaisar Shen Nung jatuh ke dalam air panas tersebut.

Ketika daun teh tersebut terseduh dengan air panas, aroma sedap langsung muncul dan tercium oleh kaisar. Ia pun tergoda untuk meminumnya.

Bukan hanya aromanya yang sedap, rasa sepat & pahit yang ditimbulkan oleh daun teh juga sangat disukai oleh Kaisar. Ia pun kemudian melakukan penelitian terhadap minuman tersebut.

Ternyata banyak manfaat setelah ia meminum minuman tersebut. Kaisar merasa segar & beberapa penyakit yang dideritanya menghilang.

Kaisar kemudian menjadikan daun teh sebagai minuman sehari-hari dan lambat laun, ia pun membaginya kepada rakyat Cina.

Sejak itulah, teh menjadi minuman yang paling populer yang terus menyebar di seluruh dunia.

*****

Painting by Seruni Bodjawati. "The Poetry of Tea". Acrylic on canvas. 80 x 60 cm. 2020. Available.


*Text: republika.co.id

If you would like to buy this original painting directly from the artistschedule a studio visit to see the artwork in person, order commission or any business inquiries, please contact +6285602897020 (WhatsApp), send an e-mail to serunibodjawati@gmail.com, or send Direct Message on Instagram @seruni_bodjawati

Worldwide Shipping 

Popular Posts